BUNA Menghadapi New Normal

BUNA, Malang (10/7), setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai, kota Malang mulai memasuki era New Normal atau Normal Baru. Menurut tempo.co ,New Normal atau Normal Baru mengacu pada perubahan perilaku manusia setelah wabah virus Corona dengan menerapkan protokol pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Mematuhi aturan protokol kesehatan yang harus diterapkan di seluruh lini, BUNA bersama dengan unit usaha dibawahnya melakukan beberapa perubahan terkait dengan Normal Baru ini. Dimulai dari perubahan jam operasional unit, sosialisasi protokol kesehatan pada seluruh staf, menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di beberapa titik, hingga selalu cek suhu tubuh bagi karyawan yang masuk.

Fokus penerapan protokol kesehatan ini memiliki beberapa perbedaan di masing-masing sektor usaha. Yang pertama pada sektor pariwisata dan perhotelan. BUNA sendiri memiliki UB Guest House dan Griya Brawijaya sebagai unit yang masuk dalam kategori ini. Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh unit-unit ini adalah tersedianya fasilitas untuk mencuci tangan dan hand sanitizer di setiap pintu masuk/keluar, pemeriksaan kepada seluruh karyawan dan tamu yang berkunjung menggunakan thermal gun, physical distancing di seluruh area, general cleaning menggunakan disinfektan secara berkala, serta pembayaran secara cashless.

Yang kedua pada sektor food and beverages atau F&B. Penerapan ini dilakukan di UB Kantin, UB Coffee, Resto UB Guest House, dan Kantin Griya Brawijaya. Dalam hal F&B, penerapan protokol tidak jauh berbeda dengan sektor pariwisata dan hotel. Beberapa diantaranya yang sudah dilakukan adalah pembatasan jumlah pengunjung dalam satu meja, penggunaan face shield, masker, dan sarung tangan bagi karyawan yang bertugas, serta virtual menu yang dapat diakses dengan scan QR Code tanpa menggunakan buku menu lagi.

Yang ketiga pada sektor pusat olahraga atau kebugaran. Sebagai satu-satunya pusat olahraga terlengkap milik Universitas Brawijaya, UB Sport Center tentunya harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat terkait jumlah pengunjung dan kebersihan alat fitness. Beberapa hal yang sudah dilakukan adalah kewajiban memakai masker dan mencuci tangan saat akan memasuki area UB Sport Center, pemberian sekat pada meja front office, pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50% dalam satu ruangan, serta perubahan jam operasional.

Yang terakhir adalah sektor percetakan. Dengan adanya normal baru ini, UB Media melakukan beberapa pencegahan seperti pembatasan jumlah karyawan dalam ruangan produksi, pembersihan alat secara berkala, dan pemeriksaan suhu tubuh seluruh karyawan yang masuk area kerja menggunakan thermal gun. Dengan adanya penerapan protokol kesehatan ini, diharapkan menekan terjadinya kontak satu sama lain, transmisi virus corona, serta memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengunjung yang menggunakan fasilitas di unit usaha BUNA.

WhatsApp chat