Latar Belakang

Unit Bisnis didirikan dalam rangka mengembangkan usaha-usaha untuk menghasilkan pendapatan sebagai sumber pembiayaan dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pembentukan Unit Bisnis ini ditandai dengan SK Rektor No.116/Sk/2011. Dengan struktur kepengurusan sebagai berikut Direktur Utama (Dr. Ir Nuhfil Hanani, MS) Direktur (Nina Effiana) Kesekretariatan (Widodo Basuki, S.Pi dan Verna Mirtaningtyas, S.Si) Manager UB Hotel (Nina Effiana), Manager Asrama (Rita Wahyuningsih), Manager SPBU dan Pemakaman (Abdul Aziz), Manager YUBI Tour & Travel (Silvia Eka S), dan Manager Gedung-Gedung dan Layanan Umum (Bambang Christianto).

SK Rektor ini diperbaruhi dengan SK No.183/Sk/2012 dengan struktur Kepengurusan sebagai berikut: Direktur Utama (Prof. Dr. Ir Nuhfil Hanani, MS) Direktur (Nina Effiana), Corporate Office (Verna Mirtaningtyas, S.Si), Corporate Office Bagian Keuangan (Dommy Adi Putra Jaya L) dan Corporate Office Administrasi (Anik Yuliati), Manager UB Hotel, Sport Center, Pujasera dan Gedung Layanan Umum (Nina Effiana), Manager Griya & Rusunawa (Rita Wahyuningsih), Manager Pemakaman, Air Mineral, Cindera Mata dan Percetakan/sementara (Aria Fikriyah), Tours & Travel (Tetty Hariyati).

Pada 4 Agustus 2015, diterbitkan SK Rektor No. 363/2015, tentang pengangkatan manajemen/ pengelola Unit Usaha di UB yang dibagi menjadi 2 (dua) masing-masing (1) Pengelola Unit usaha Akademik, dan (2) Pengelola Unit usaha Non-Akademik. SK Rektor tersebut kemudian disempurnakan melalui penerbitan SK Rektor No. 526/2015, tertanggal 28 Desember 2015.  Melalui SK Rektor ini, personalia pengelola unit usaha dilengkapi, dari yang semula hanya terdiri dari Direktur dan Wakil/Sekretaris Direktur, dilengkapi dengan Kepala-kepala Divisi Akuntansi dan Keuangan, Kepala Divisi Hukum dan Advokasi, dan Kepala Divisi Pengembangan, Kerjasama, dan Pemasaran, ditopang dengan penetapan Staf Administrasi Umum, dan Staf Administrasi keuangan.

Pada tahun 2016, diterbitkan Peraturan Rektor No. 40/2016, tertanggal 1 Agustus 2016 tentang Badan Pengelola Usaha (BPU) UB dan Peraturan Rektor No. 62/2016 tertanggal 31 Oktober 2016 tentang Susunan Organisasi Badan Usaha dan Unit Usaha di UB.  Peraturan-peraturan tersebut merupakan penjabaran dari amanat Permenristekdikti 4/2016 pasal 129, yang menjadi acuan dalam pengelolaan Badan Usaha Non Akademik UB beserta unit-unitnya.

Pada 1 Oktober 2018, menurut Peraturan Rektor No. 60 tahun 2018 tentang Badan Pengelola Usaha, BUNA terdiri dari unit usaha : Sport Center, UB Media, UB Guest House, UB Kantin, dan Griya Brawijaya.

Visi dan Misi

WhatsApp chat