Sosial Media sebagai Media Informasi Masyarakat

BUNA, Batu (3-4/5) Kepala Bagian Umum, Hukum dan Tata Laksana, Dra. Rosadah Agustin Syarief, M.A.B., membuka “Workshop Penulisan Berita dan Pengelolaan Media Sosial bagi Staf Kehumasan di Lingkungan Universitas Brawijaya” yang dilaksanakan oleh Humas Universitas Brawijaya di Aston Inn, Batu. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap UPT dan Fakultas ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Abdul Munthallib, Redaktur Senior Radar Malang, Husnun Djuraid, Komisaris Malang Post, dan Doddy Zulkifli Indra Atmaja, Kasubbag Publikasi dan Pemberitaan Kemristekdikti.


Abdul memberikan materi seputar “Teknik Penulisan Depth News”. Beliau berkata bahwa menulis itu sebenarnya merupakan hal yang mudah. Hal ini dapat dilakukan bersamaan dengan kebiasaan membaca yang akan dapat memberikan wawasan seputar gaya penulisan. Karena beberapa surat kaabr sudah memiliki sendiri gaya penulisannya. Sedangkan Husnun, memberikan materi seputar “Teknik Penulisan Berita/Straight News”. Berbeda dengan depth news, straight news memiliki gaya bahasa yang lebih formal dan cenderung tidak memasukkan opini pribadi ke dalam tulisan tersebut.


Pada hari terakhir workshop, Doddy dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memberikan materi seputar pengelolaan sosial media. Beliau juga memberikan fakta-fakta terkait mengenai penggunaan sosial media dan bagaimana meraih ‘engagement’ dengan follower di sosial media. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan staf humas mengenai publikasi dan pengelolaan media sosialnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat