Audit Internal Mutu (AIM) Siklus 11 Tahun 2018 oleh Tim Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Brawijaya

Malang, BUNA – Selasa, 4 September 2018, Badan Usaha Non Akademik (BUNA) menerima kunjungan tim audit dari PJM Universitas Brawijaya, dengan auditor Bapak Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si. dan Ibu Nila Firdausi Nuzula, S.Sos., M.Si., Ph.D. Audit ini dilaksanakan di ruang rapat BUNA pada pukul 13.00-16.00. Fokus dari audit ini adalah pemeriksaan sistematik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di Universitas Brawijaya (UB). AIM di UB dilakukan untuk memeriksa kesesuaian antara standar mutu yang ditetapkan, dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik, Keuangan dan Administrasi dengan pelaksanaannya oleh unit kerja di UB.

Lingkup AIM UKPPA Siklus 11 tahun 2018 ini adalah yang pertama tindaklanjut temuan AIM sebelumnya. Yang kedua tinjauan Manajemen (TM). Lingkup ini ditujukan untuk persiapan menuju implementasi ISO 9001:2015 (baca: ISO 9001 versi 2015). Untuk itu, pada lingkup ini yang dievaluasi adalah keberadaan laporan dan lingkup bahasan sesuai persyaratan ISO 9001:2015. Yang ketiga adalah konversi Dokumen SPMI (Manual Mutu) sesuai SPMI Dikti. Sejak terbitnya Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, maka perguruan tinggi (termasuk UB) harus melakukan perubahan sistem dokumentasi SPMI sesuai pedoman dari Kemenristekdikti. Untuk itu, UB telah menyiapkan perubahan dan format baru sistem dokumentasi di UB yang menggabungkan persyaratan dari Kemenristekdikti, sistem kearsipan (ANRI) dan memenuhi persyaratan ISO 9001. Untuk itu, lingkup AIM ini dikhususkan pada konversi dokumen SPMI UKPPA (terutama MM). Dan yang terakhir adalah konversi SOP sesuai Permenpan-RB Nomor 35 Tahun 2012. Konversi ini dilakukan untuk memenuhi aturan Kemenpan-RB tersebut mengingat UB juga bagian dari instansi pelayanan publik.

Dalam pertemuan ini, Direktur Utama BUNA, Bapak Dr. Ir. Anthon Efani, MP, menjelaskan tentang beberapa hal terkait unit usaha di BUNA. Seperti pengembangan SOP, rencana-rencana unit bisnis dan penanganan ­e-complaint. Dengan adanya audit ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempermudah kinerja unit usaha berdasarkan SOP yang telah ditentukan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat